Situs Tentang Seputar Dasar Teknik Otomotif

Wikipedia

Hasil penelusuran

Harga Motor Kawasaki Ninja ZX6R 636 Bulan Oktober 2015

dasarteknikotomotif - merupakan motor dari keluarga ninja yang resmi diluncurkan oleh pihak kawasaki motor indonesia ( KMI ) di tahun 2011 lalu. Hebatnya, motor ini merupakan salah satu motor dari jajaran varian ninja yang sudah diakui dan begitu terkenal di dunia, sama seperti saudaranya kawasaki ninja ZX10R. Menariknya lagi, semenjak pertama kali di luncurkan pada tahun 1995 hingga sekarang, motor gede ( moge ) ini telah mengalami 8 kali transformasi & perombakan guna mendapatkan kesempurnaan yang maksimal. Di dunia, motor kawasaki ninja zx6r ini memiliki rival sekaligus pesaing yang kuat saat ini yakni Yamaha YZF R6 dan Honda CBR 600.

Lalu keunggulan apa saja yang dimiliki oleh kawasaki ninja zx6r ini? desain motor ini terlihat sporty dan modern dengan sudut-sudut lekukan yang tajam disana sini khas motor ninja di kelas premium. Body gambot yang dilengkapi dengan fairing semakin menambah kesan kuat dan kokoh pada motor ini.

Di sektor mesin, motor ini menggunakan mesin berkapasitas 636 cc, 4 tak 4 silinder bergaris, DOHC 16 klep bersistem bahan bakar injeksi dengan sistem pendinginan berupa cairan ( Liquid Cooled ) yang mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga mencapai 131 PS pada putaran di 13500 rpm dan torsi maksimum sebesar 71 Nm pada putaran di 11500 rpm. Dengan performa mesin yang prima, motor ini sanggup dipacu hingga mencapai kecepatan maksimal ( top speed ) yakni 246 km/jam. Sedangkan untuk komsumsi bahan bakarnya kawasaki ninja zx6r ini bisa dibilang cukup boros sekalipun telah mengusung teknologi injeksi yakni 16 km/liter.

Dari sektor pengeremannnya, kawasaki ninja zx6r ini dibekali dengan rem cakram ganda dibagian depan dan rem cakram tunggal dibagian belakang yang telah menggunakan teknologi ABS. Piranti seperti ini sangat berguna bagi keamanan pengendara khususnya ketika pengereman mendadak terjadi. Menariknya, Teknologi ABS yang digunakan merupakan hasil ciptaan dan kreasi dari pihak kawasaki sendiri yangdinamakan Kawasaki Intelligent Anti-Lock Brake System ( KIBS ). Dibandingkan dengan ABS pada umumnya, KIBS ini mempunyai lebih banyak sensor pada sistemnya. Ini bertujuan agar daya pengereman bisa maksimal tanpa menyebabkan roda belakang terangkat. Alhasil, pengendara tidak perlu khawatir jatuh dari motor dan yang penting lagi, pengendara bisa langsung memacu kembali motornya setelah pengereman. Tidak perlu menunggu hingga ban belakangnya turun ( seperti kebanyakan motor lainnya yang harus menunggu ban belakang turun akibat dari pengeraman yang mendadak pada kecepatan yang tinggi ). Warna pilihan kawasaki ninja zx-6r tahun 2015 ini hanya ada 1 saja yakni Full Hitam ( Metallic Matte Carbon Gray / Flat Ebony ).

Harga Kawasaki Ninja ZX6R
Kawasaki Ninja ZX6R


Kawasaki sendiri juga telah menambahkan banyak fitur pada motor ini, namun yang dirasa paling menarik dan patut dibanggakan yakni adanya fitur Kawasaki Traction Control ( KTRC ) yang dapat diatur penggunaanya dengan menekan tombol yang terdapat pada setang kemudi sesuai dengan kebutuhan pengendaranya. Fitur ini sendiri memiliki 3 kontrol traksi pilihan yakni Mode 1 - 3 . Mode 1 ( power mode ) merupakan opsi yang menawarkan pilihan bagi anda untuk mengatur tenaga yang dihasilkan oleh motor ini, apakah tenaga mesin motor ini mau disetting pelan, kencang atau bahkan maksimal ( powerfull ). Mode 2 hampir mirip dengan mode 1 yakni menawarkan pilihan "power mesin yang smooth" yang berguna untuk kenyamanan dan pengendalian motor yang lebih stabil. Opsi terakhir yakni mode 3 ( Assist and Slipper Clutch ) menawarkan pilihan untuk melakukan pembatasan pada tenaga mesin, khusus pada saat kondisi jalanan yang licin atau basah. Ketiga mode tersebut ditujukan untuk keamanan dan keselamatan pengendara ketika mengendarai motor kawasaki ninja zx6r ini. Menariknya lagi, sampai sekarang baru ada 3 motor dari kawasaki yang telah menggunakan teknologi sirkuit ini. Dua motor lainnya yakni kawasaki zx-10r dan zx-14r.

Selain memiliki keunggulan, ternyata motor kawasaki ninja zx6r ini juga memiliki kekurangan yang sering dirasakan oleh para pengendaranya. Salah satunya yakni pososi riding yang kurang nyaman sering membuat para pengendara cepat pegal dan capek saat pengendara. Hal ini dikarenakan posisi setang kemudi yang berada sedikit dibawah permukaan tangki motor. Selain itu, posisi footstep yang dimiliki juga terasa cukup tinggi dan letaknya berada dibelakang. Mengendarai motor yang memiliki berat bersih 192 kg ( ABS 194 kg )di jalanan perkotaan yang sering macet tentunya menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi para pengendaranya. Sedangkan soal harganya di indonesia, motor ini dibanderol lebih mahal dibandingkan dengan rivalnya yamaha yzf r6.

Selain versi standart, tersedia pula versi spesial edition yang diluncurkan bertepatan dengan ulang tahun klan ninja ke-30 ( 30thAnniversary Edition ) dengan warna kombinasi hijau-putih ( Lime Green / Pearl Stardust White ) yang dijual sedikit lebih mahal.

Harga Kawasaki Ninja ZX6R
Kawasaki Ninja ZX6R Spesial Edition

Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX6R  :

  1.  DIMENSI
  • Panjang mencapai : 2085 mm.
  • Lebar hingga : 705 mm.
  • Tingginya 1115 mm.
  • Jarak poros antar roda : 1395 mm.
  • Jarak motor ke permukaan tanah : 130 mm.
  • Berat kosong motor : 192 kg ( ABS : 194 kg ).
      2. RANGKA 
  • Suspensi bagian depan menggunakan inverted fork 41 mm, sedangkan bagian belakang menggunakan jenis bottom-link unit-trak yang kuat.
  • Bagian depan dipersenjatai dengan rem cakram ganda berukuran 310 mm, sedangkan bagian belakang dibekali dengan rem cakram tunggal berukuran 220 mm ( keduanya telah menggunakan teknologi ABS ).
  • Ban depan berukuran 120/70ZR 17M/C ( 58W ), sedangkan ban belakang memiliki ukuran yang lebih besar yakni 180/55ZR 17M/C ( 73W ).
      3. MESIN
  • Mesin bervolume silinder 636 cc, DOHC 16 Valves ( klep ), 4 tak 4 silinder sejajar dengan sistem pendinginan berupa cairan ( radiator ).
  • Diameter x langkahnya : 67 mm x 45,1 mm.
  • Perbandingan komprehensi mesin yang dihasilkan : 12,9 : 1.
  • Sistem bahan bakar injeksi ( Fuel Injection ) dengan sistem pengapian yang telah mengusung sistem digital.
  • Power/ tenaga maksimal yang mampu dihasilkan sebesar 131 Ps / 13.500 rpm dan menghasilkan torsi maksimum sebesar 71 Nm / 11500 rpm.
  • Jenis karburator yang digunakan yakni Fuel Injection DIA berukuran 38 mm x 4.

Harga Kawasaki Ninja ZX6R - Bulan Oktober 2015 :

    1. Harga Kawasaki Ninja ZX6R Baru                      Rp.281.300.000
    2. Harga Kawasaki Ninja ZX6R Special Edition       Rp 284.000.000
    3. Harga Kawasaki Ninja ZX6R Second
    • Harga Kawasaki Ninja ZX6R  2010                     Rp.178.000.000
    • Harga Kawasaki Ninja ZX6R  2011                     Rp.195.000.000
    • Harga Kawasaki Ninja ZX6R  2012                     Rp.200.000.000
    • Harga Kawasaki Ninja ZX6R  2013                     Rp.220.000.000
    Sekian dan Terima kasih banyak telah berkunjung jangan lupa baca juga artikel kami lainnya disini.
        Share: