Situs Tentang Seputar Dasar Teknik Otomotif

Wikipedia

Hasil penelusuran

Pengertian Dasar Teknik Sistem Bahan Bakar Otomotif

Panduan teori otomotif kembali hadir dengan dasar teori teknik otomotif terbaru setelah lama vakum untuk materi dasar otomotif kali ini memberikan kembali berita seputar teori bahan bakar dasar otomotif dengan artikel baru 2016 yaitu mengenai prinsip kerja dari sistem bahan bakar serta fungsi dan macam - macam penggunaan bahan bakar.

Pengertian Dasar Teknik Sistem Bahan Bakar Otomotif

Fungsi sistem bahan bakar :

  1. Mengalirkan bahan bakar + dari tangki ke alat pencampur (karburator)
  2. Mencampur bahan bakar + udara sehingga mudah terbakar

Artinya :

  • Campuran harus homogen ( merata )
  • Perbandingan campuran sesuai

Macam-macam bahan bakar :

Bahan bakar dapat diproses dari gas bumi, minyak tanah, batu bara, tumbuh-tumbuhan ( kayu, minyak kelapa dsb ) dan gas bio ( gas pembusukan ).

Pada motor bakar digunakan bahan bakar antara lain :

Bentuk gas :

  • Gas bumi,gas bio
  • LPG

Bentuk cair :

  • Bensin
  • Minyak tanah ( kerosin )
  • Solar

Sifat pembentukan campuran supaya terjadi penyalaan dan pembakaran maka bahan bakar dan udara harus membentuk campuran yang sesuai dan homogen. Supaya terjadi campuran homogen, bahan bakar cair harus di kabutkan dan lebih baik diuapkan.

Wilayah penguapan macam-macam bahan bakar :

penguapan macam-macam bahan bakar

Macam jenis bahan bakar dan Cara menentukan campuran bahan bakar

Bahan bakar dikabutkan oleh aliran udara yang cepat Prinsip ini dapat digunakan pada karburator :

Bahan bakar dikabutkan oleh aliran udara

Bahan bakar dikabutkan oleh tekanan lebih Prinsip ini digunakan pada sistem Injeksi :

Bahan bakar dikabutkan oleh tekanan

Bahan bakar kerja dengan Karburator :

Bahan bakar kerja dengan Karburator

  1. Penggunaan : Pada kebanyakan motor bensin
  2. Bahan bakar : Bensin / minyak tanah

Sifat-sifat :

  • Murah
  • Jarang ada gangguan besar
  • Pengaturan jumlah bahan bakar dan campuran tidak selalu cocok dengan keadaan motor

Injeksi pada saluran masuk bahan bakar :

Injeksi pada saluran masuk bahan bakar

  1. Penggunaan : motor mobil
  2. Bahan bakar : bensin

Sifat-sifat :

  • Lebih mahal dari karburator
  • Mutu pembentukan campuran mirip dengan karburator
  • Pengaturan perbandingan campuran lebih teliti, misal dengan pengatur elektronis ( EFI )
  • Tekanan penyemprotan relatif rendah (150 Kpa – 400 Kpa)

Injeksi bahan bakar ke dalam ruang bakar :

Injeksi bahan bakar ke dalam ruang bakar


  1. Penggunaan : Pada motor Diesel
  2. Bahan bakar : Solar, minyak berat ( pada pmotor besar misal untuk penggerak kapal )

Sifat-sifat :

  • Setiap silinder menerima jumlah bahan bakar yang sama.
  • Waktu pembentukan campuran yang sangat singkat Oleh karena itu pengabutan harus benar-benar halus.
  • Untuk mendapatkan kabutan halus lubang injektor kecil dan tekanan pembukaannya besar
  • Paling mahal.

Nah itulah mengenai prinsip dasar kerja bahan bakar pada dasar teknik otomotif yang bisa disajikan untuk anda semua semoga menambah wawasan kita bersama jika ingin tahu tentang lainnya lihat pula disini.
Share: